-->

Caramel Cheese Custard Pudding by Indry Hapsari



by Indry Hapsari

Ikut lagi ramein postingrame2 ke 5 kali ini dengan tema puding. Langsung kepikiran bikin puding ini. Tapi pengen bikin semua takarannya disesuaikan selera saya 😊. Dan karena saya cheese mania, pudding caramel custard-pun ditambahin cream cheese supaya ada sense of cheese nya 😆. Puas banget sama hasilnya, guriiih, lembuuut, lumeerr dimulut 😍 👍👌. Dan kayak strawberry yg jadi garnishnya.. full of love rasanya #hahaaaay 😂😂.


Hasil jadi: 3 porsi
Bahan-bahan
150 ml susu cair full cream plain/UHT
Lebih enak pake whipp cream cair atau krim kental
1 butir telur ayam utuh uk. besar
2 butir kuning telur ayam
2 sdm cream cheese (bisa skip klo pgn rasa original)
3 sdm penuh gula halus/gula bubuk atau sesuaikan selera
1/4 sdt vanila ekstrak (klo ga ada pk yg powder juga bisa)
Bahan Caramel :
3 sdm gula pasir
2 sdm air panas


Langkah

Semir tipis wadah/cetakan anti panas dengan butter/margarine. Sisihkan.
Cara membuat Karamel : lelehkan gula pasir dalam panci dengan api kecil/sedang sampai kecoklatan dan mendidih. Tambahkan air panas, aduk rata (hati-hati saat menuang air pasti akan meletup-letup dan jgn gosong ya nanti pahit). Angkat lalu segera tuang ke dalam wadah/cup tahan panas secukupnya. Sisihkan.


Dalam wadah bersih masukan telur, cream cheese dan gula halus, aduk perlahan dengan whisk sampai rata. Jangan dikocok ya. Kalau dikocok nanti berbusa, pudingnya nanti jadi gak mulus. Jika perlu disaring (saya disaring supaya cream cheesenya menyatu dengan baik).


Siapkan panci, tuang susu, dan vanila ekstrak. Masak diatas api kecil. Aduk sesekali agar susu tidak pecah. Masak sampai muncul gelembung kecil dipinggirannya (jangan sampai mendidih ya). Angkat. Sisihkan. Biarkan hangat.


Saat adonan susu sudah benar-benar hangat, tuang kedalam adonan telur sambil diaduk cepat sampai rata. Ingat ya diaduk bukan dikocok. Lalu saring dengan saringan halus sampai menjadi adonan yg licin.


Tuang adonan yg sudah disaring dengan sendok sayur ke dalam wadah/cetakan anti panas yg sudah disemir tipis butter/margarine dan dituang karamel sebelumya.


Panggang dalam oven yg sudah dipanaskan sebelumnya dengan metode au bain marie, taruh wadah/cetakan yg berisi adonan di dalam loyang yg diberi air panas sebanyak kurleb 1.5 cm (Pastikan loyang yg diisi air tidak bocor ya). Panggang dengan suhu 175 dercel sampai matang (kalau di sentuh permukaanya dan digoyangkan kokoh). Tergantung oven masing-masing ya. Tadi saya kurleb 45 menit. Angkat, dinginkan.


Pudding siap disajikan hangat ataupun dingin. Kalau mau dingin, setelah matang dan uap panasnya hilang segera masukan ke dalam kulkas. Diamkan sampai dingin. Baru dinikmati.


Guriih, lembuuuut, lumeeerr membelai lidah 😍 sukaaaa 😙. Lebih enak klo dingin menurut saya 😊.