-->

Puding Roti Pisang Panggang by Susi Agung



by Susi Agung

Hari minggu kemarin kami sekeluarga mengunjungi saudara di Bintaro,diperjalanan lihat babe2 lg mikul pisang terlihat berat & kepayahan,lg gak butuh pisang tp saya tetap turun untuk membeli pisangnya yg terlihat bagus & tua,waktu tanya harganya langsung kaget krn harganya jauh diatas rata2 tp tak apalah,demi meringankan sedikit beban si babe yg entah sdh brp kilo meter memikul pisangnya,saya beli 2 jenis pisang yaitu pisang ambon & tanduk.Sampai rumah pisangnya saya buat puding roti,kebetulan ada roti tawar nganggur,daripada kadaluarsa diberdayakan saja😊. Resepnya saya adaptasi dari ibu saya & mbak Endang JTT,tp versi ibu saya gak pake keju,krn beliau memang tdk suka keju.Pisang adalah buah yg sgt melimpah dikampung ortu saya,jd ibu saya sangat mahir membuat aneka olahan kue dari pisang.Ibu saya bukan hanya chef handal keluarga tp jg chef andalan kampung,ketika ada hajatan dikampung ibu saya selalu dipanggil sbg juru masak utama.Apapun yg dimasak ibu saya terasa lezat,dg bahan seadanya sekalipun.Waktu kecil saya paling kesal kalau disuruh bantuin ibu masak,mungkin krn masa itu memang masanya anak2 spt saya bermain ya,tp mulai usia SMP saya mulai suka masak & keterusan sampai skrg,kata org Jawa kuwalat,dulu suka ngomel2 kalau suruh bantuin masak skrg ketagihan😁😂.Meskipun skrg kami tinggal berjauhan(ibu saya tinggal di Kaltim) hampir setiap hari kami saling telfon kdg hanya untuk sharing resep,hihihi...Thanks mom,you are my everything,smg Allah memberi kesehatan,hati yg selalu syukur & tawaduk,panjang umur yg barokah sehingga bs menikmati hari tua yg bahagia dg anak cucu😙😍.


Hasil jadi: 6 porsi
Bahan-bahan
2 sdm tepung custard (bisa diganti maezena)
1 buah pisang tanduk/pisang jenis lainnya (potong serong)
5 sdm gula pasir
2 sdm margarin/mentega (cairkan)
2 sdm kismis (rendam air hangat,peras,tiriskan)
1 sdm chocochip (optional)
250 ml susu cair (saya pakai ultra plain)
3 lembar roti tawar tanpa kulit (potong dadu kecil)
2 butir telur (kocok lepas)
1/4 sdt garam
1/4 sdt vanili bubuk
1/4 sdt kayu manis bubuk (skip bila tdk suka)
Secukupnya keju cheddar parut untuk taburan


Langkah

Siapkan loyang/pinggan tahan panas,tata pisang & roti didasarnya,taburi kismis & chocochip,sisihkan.(Bila memakai cetakan alumunium olesi dulu dg margarin)


Siapkan mangkuk bersih,tuangi susu,masukkan gula pasir & garam,kocok dg wishk agar gula larut(tdk perlu sampai mengembang).


Masukkan telur kedalam mangkuk adonan susu & telur,aduk rata kemudian masukkan tepung custard,vanili & kayu manis bubuk & margarin cair,aduk rata,tuang keatas susunan roti & pisang.


Taburi atasnya dg keju,tutup dg alumunium foil spy keju tdk kering (skip bila tdk ada,pemberian keju dilakukan saat kue 1/2 matang jd keju tdk kering)


Set oven suhu 180°C ,masukkan puding & panggang sampai matang tergantung oven masing2 (saya 40 menit)


Keluarkan dari oven,buang tutup alumunium foilnya,siap disajikan hangat ataupun dingin.Simpan dikulkas terlebih dahulu bila ingin dinikmati dingin.