-->

KARE AYAM & TEMPE By. @siska_dewi_lestari



Kare atau kari? 😁
Tp ini rempahnya menggunakan rempah sederhana saja yaa.. ala2 saya saja dan mama saya.. Bumbunya mirip seperti opor menurut saya, cuma pada kare ini saya beri tambahan cabe merah kering atau bisa juga diganti dg cabe merah besar.. Jadi warnanya agak kemerahan. Santannya juga menggunakan santan yg agak kental. Anak pertama saya suka banget kalau ada tempenya, makanya setiap buat kare atau opor atau terik pasti saya masukkan tempe.. Ini resep ala2 saya ya :
.
KARE AYAM & TEMPE
By. @siska_dewi_lestari
.
BAHAN :
- 500 gram ayam, potong-potong
- 1 papan tempe, potong-potong, boleh digoreng terlebih dahulu boleh jg tidak
- 3 lembar daun jeruk
- 2 lembar daun salam
- 500 ml santan dr 1 butir kelapa
- Gula dan garam secukupnya
.
BUMBU HALUS :
- 7 siung bawang merah
- 7 siung bawang putih
- 3 cm kunyit
- 3 cm jahe
- 1 batang serai, ambil bagian putihnya
- 1 jempol lengkuas yg agak muda
- 2 bh cabe merah besar/kering, buang bijinya
- 1 sdt ketumbar, lebih bagus disangrai
- 3 butir kemiri yg disangrai
- 1/2 sdt jintan
.
CARA MEMBUAT :
1. Tumis bumbu halus bersama dengan daun jeruk dan daun salam sampai bumbu matang
2. Masukkan ayam dan tempe, aduk rata sampai ayam berubah warna
3. Masukkan santan, beri gula dan garam. Tunggu sampai mendidih. Setelah mendidih, kecilkan apinya, tutup, masak sampai ayam matang. Sajikan.