-->

Dodol Agar Tradisional by Dita Putri



by Dita Putri

Ini adalah sajian khas lebaran di keluarga saya.(dulu ketika saya kecil) rasanya enak rasa tradisional banget dan mudah buat nya. Awal nikah di lebaran pertama aku coba buat ini, suami cobain dan langsung jadi favorite. Teman2 yg udah nyicip juga langsung jatuh cinta dan banyak yg tanya resep nya. Ini resep asli nya pakai agar batangan ya, tapi berhubung di tempat saya tinggal sekarang gak ada agar batangan jadilah saya akali pakai agar2 swalow biasa tapi pakai banyak banget ya. Pekat.. Gak ikutin saran penyajian. Hitungan 1 bungkus untuk kurang lebih 300 ml air. Dicoba yaa ini enak 😍😍👌


Hasil jadi: 8 porsi
Bahan-bahan
5 bungkus agar2 swalow tanpa warna
kurang lebih 300 sampe 350 gr gula
1/2 sdt garam
1,5 liter santan dari 1 1/2 butir kelapa
25 lembar daun suji
25 lembar daun pandan


Langkah

Cuci bersih daun pandan dan suji. Gunting kecil kecil,kemudian blender dengan air santan. blender semua sampai halus. Kmudian saring dan buang ampas nya.
Masukan gula. Agar2. Garam. Dan air santan yg telah berwarna hijau setelah untuk memblender daun suji dan pandan tadi
Masak dengan api sedang cenderung kecil. Masak terus sambil di aduk2 jangan ditinggal ya. Kalau ditinggal hasilnya nanti pisah santan dan air nya saat agar2 jadi. Masak selama 30 menit sambil full diaduk2
Setelah dimasak sekitar 30 menit. Matikan kompor sambil terus diaduk aduk sampai uap panas nya hilang. Kemudian masukan dalam cetakan.. Hasilnya gak lembek ya. Agak padat. Makanya nama nya dodol agar.. Selamat mencoba