-->

Puding Roti Kukus (Versi 2) by Diana AZ



by Diana AZ

Lagi2 daur ulang makanan... 😊
Sayang banget lihat ada bbrp roti sobek yg ga habis ke makan, kelembutannya sdh mulai berkurang. Daripada ke buang atau keduluan jamur yang hinggap, mending saya berdayakan lagi jadi penganan yg lain...

Basicnya dari resep puding roti kukus milik saya sebelumnya.
Hanya saja kali ini saya buat lebih simple.. Artinya tanpa perlu menimbang-nimbang bahan, cukup pake takaran gelas belimbing 😊 Begitu pula dgn teknik membuatnya, potongan roti nya tidak di siram sedikit demi sedikit dgn adonan telur, melainkan saya campur semuanya secara bertahap.
Karena roti yg saya pake roti sobek, jadi isinya saya sisihkan dulu. Kulit rotinya tetap saya pake, supaya ntar ada motif2 marmer nya biar cantik...

Awalnya takut kalo nanti hasilnya bantat... Ternyata ga lah,,, tetap lembut, enak...nyummyy 😋😋😋
Makan sepotong, kayaknya kurang deh! Uppss!!


Bahan-bahan
6 lembar roti tawar atau bolu/sponge cake yg sdh berkurang kelembutannya
3 butir telur
1/2 gelas gula pasir
1/2 sdt vanili kristal
2 sdm susu kental manis
1 1/2 sdm margarin (dilelehkan)


Langkah

Siapkan dulu cetakan (volume 800 ml), oles tipis dasarnya dgn margarin, lalu lapisi dgn plastik, olesi lg dgn margarin, sisihkan. Kemudian panaskan panci kukusan, lapisi tutupnya dengan serbet supaya uap tdk menetes.
Campur susu kental manis dengan air hangat hingga menjadi 250 ml. Sisihkan.


Roti di potong kecil2.


Telur, gula dan vanili di kocok sampai cukup kekentalannya (tidak perlu sampai mengembang dan pucat kayak bikin bolu).


Masukkan potongan roti, aduk sebentar.


Masukkan susu cair serta margarin, aduk pelan hingga tercampur rata.


Tuang kedalam loyang yg sdh disiapkan.


Kukus kurang lebih 20 menit atau sampai matang.


Setelah dingin, lepaskan dari loyang.


Potong2 dan sajikan.